Jadi kenapa sebuah perusahaan mesin pencari yang populer di masa lalu ini menjual asset nya, menurut CNN yahoo memiliki masalah miss manajemen yang berujung pada penjualan core saham, sebagai info bahwa verizon membeli Yahoo ! dengan harga $US 4,8 Milliar.
Namun sebelumnya Yahoo pernah ditawar dengan harga 10x lipat dari harga di atas oleh Microsoft pada tahun 2008, sungguh harga 4,8 M sangat murah dari pada tawaran Microsoft pada saat itu.
Yahoo menjadi seperti ini karena mereka terlalu nyaman di zona nyaman mereka sehingga tidak memikirkan inovasi kedepan-nya, dan tidak berkembang, berbeda dengan kompetitiornya, Google memiliki segudang inovasi terkadang dalam 2 - 5 bulan sekali selalu ada Inovasi baru.
Apakah kalian tau, Yahoo pada tahun 2002 pernah berniat membeli Mbah Google, namun hal itu tidak jadi direalisasikan entah mengapa, jika saja pada saat itu Yahoo membeli google maka tidak mungkin mereka berakhir mengenaskan dengan menjual Core saham mereka.
Hikmah yang bisa di ambil dari 2 perusahaan besar ini adalah bahwa saat paling berbahaya yang dapat menghancurkan perusahaan apapun adalah saat sebuah perusahaan terlalu nyaman di Zona nyaman, sehingga lupa bahwa mereka harus terus ber-Inovasi dan memperbaiki Proses Bisnis yang mereka punya, karena tidak ada Proses Bisnis yang sempurna, yang ada tujuan proses bisnis itu menjadi sempurna, dan jangan meremehkan kompetitor, karena bukannya tidak mungkin kompetitor tersebut menyalip anda dan meruntuhkan anda, seperti Yahoo ! dan Google , 2 perusahaan tersebut memiliki layanan sama namun dengan kualitas yang berbeda.
2 komentar
Write komentarSecara sederhananya memang harus berinovasi dalam usaha apapun itu. Apalagi dengan kecanggihan zaman tentunya perlu ada perkembangan dan pengembangan.
ReplyGoogle sendiri bisa bertahan karena terus meningkatkan inovasi baru. Bahkan yang tidak diperlukan layanannya dihilangkan dan yang bisa memberikan manfaat pada penggunanya terus ditingkatkan. Misalnya dulu ada googlecode kemudian diganti jadi googledrive, dulu google places terus sekarang google bisnisku, dan seterusnya.
Disitulah, kalau kita punya usaha maupun yang punya blog terus mengoptimalkan kualitas dan kuantitasnya.
Alhamdulillah blog saya udah melewati usia 5 tahun.
iya makanya bukannya tidak mungkin, sebuah perusahaan yang baru lahir bisa menyalip kompetitor yang sudah senior
ReplyEmoticonEmoticon